Kamis, 14 Juli 2011

Tanggul Krueng Pase Terkikis Erosi

Mon, May 16th 2011, 09:13
* Warga Minta Dibangun Beronjong


Warga berjalan diatas tanggul Krueng Pase, di Desa Tanjong Mesjid, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Sabtu (14/5). Erosi sungai itu telah mengikis sebagian besar tanggul. SERAMBI/MASRIADI

LHOKSUKON - Tanggul Krueng (sungai-red) Pase di Desa Tanjong Mesjid, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, terkikis erosi sungai tersebut. Amatan Serambi, Minggu (15/5) karena terkikis erosi lebar tanggul itu hanya tersisa satu meter lagi. Karena itu warga setempat meminta di lokasi tersebut segera dibangun beronjong. Sebab, jika tak dibangun beronjong bila terjadi banjir lagi tanggul itu akan jebol.

Fauzi (30), warga setempat menyatakan tahun lalu, pihaknya sudah menyampaikan usulan pembangunan beronjong di kawasan itu ke Muspika Samudera agar diterusjan ke Pemkab Aceh Utara. “Namun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda tanggul dan beronjong itu akan dibangun,” jelas Fauzi.

Camat Samudera, Dayan Albar, menyatakan pihaknya telah mengusulkan pembangunan beronjong di Desa Tanjong Mesjid ke Pemerintah Aceh. “Bahkan, ketika Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf melihat erosi itu akhir Desember 2010 menyatakan siap menampung anggaran pembangunan beronjong itu,” ujar Camat.

Ditambahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan menelusuri kembali apakah pembangunan beronjong untuk Desa Tanjong Mesjid sudah dianggarkan provinsi atau belum. “Kabarnya, pembangunan beronjong itu dimasukkan dalam dana tanggap darurat. Namun, belum tahu kapan dibangun. Kita harap, provinsi bisa membantu membangun beronjong di daerah itu,” pungkas Dayan.(c46)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar