Senin, 01 Agustus 2011

Abrasi Krueng Pantee meluas

WEDNESDAY, 01 JUNE 2011 17:10

PAYA BAKONG, ACEH UTARA - Abrasi sungai (Krueng) Pantee, di kawasan Desa Gunci Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, belakangan ini terus meluas. Selain mengikis lahan warga, belasan rumah yang dibangun di sepanjang bantaran sungai terancam amblas.

Rumah warga yang nyaris jatuh ke sungai, antara lain rumah Abdullah, 60, Antiah, 50, Rasyid, 70, Khadijah, 37, Hamid, 40, dan rumah Tgk Usman, 65. Jarak tepi bantaran dengan rumah tersebut rata-rata hanya tersisa 1 meter. Bahkan, sebagian di antaranya sudah rusak akibat abrasi.

“Kami tidak tenang lagi berada di rumah. Lebih-lebih saat musim hujan. Sebab kalau habis diguyur hujan, tanah dekat sungai sangat labil dan mudah longsor. Jika tidak segera ditanggulangi, mungkin musim hujan mendatang, rumah kami bakal ambruk total,”kata Abdullah.

Hal senada juga disampaikan Antiah. Menurutnya, kondisi abrasi Krueng Pantee sebenarnya sudah sering ditinjau banyak pejabat, termasuk anggota DPR provinsi. Sebagian dari mareka, bahkan berjanji akan segera mengupayakan membangun beronjong, namun sampai sejauh ini janji itu belum terwujud.

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar