Selasa, 15 Februari 2011

Tingkatkan Ekonomi Rakyat, Pertanian Harus Diprioritaskan

Mon, Jan 17th 2011, 09:36

LHOKSUKON - Dalam upaya meningkatkan perekonimian masyarakat di Aceh Utara, pemerintah harus memprioritaskan pembangunan pertanian. Karena Aceh Utara adalah daerah yang cocok untuk pengembangan pertanian dalam arti luas yang mencakup perkebunan, perikanan, kelautan, dan peternakan.

Pendapat dikemukakan HT Hermawan, mantan Sekda Aceh Utara, kepada Serambi, Minggu (16/1) menanggapi kondisi ekonomi rakyat Aceh Utara saat ini. Ia menilai, kalangan Pemkab Aceh Utara sedang panik karena terus ditimpa berbagai masalah. Padahal, katanya, jika Pemkab Aceh Utara memprioritaskan pembangunan pertanian masalah besar tak akan terjadi. Namun, Ia yakin dalam waktu dekat akan segera pulih, apalagi APBK tahun 2011 mulai mengarah ke masalah tersebut.

Menurut Hermawan, dalam membangkitkan pembangunan ekonomi rakyat perlu dilihat kondisi irigasi dan infrastruktur lainnya. Setelah itu baru dikembangkan lahan dengan membentuk kekuatan kelompok tani di berbagai kecamatan dan Pemkab menyuntik modal usaha secara tepat sasaran. “Saya yakin dengan cara seperti itu, masyarakat Aceh Utara akan ke luar dari konflik ekonomi yang terpuruk seperti saat ini,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan keagamaan, pendidikan bagi anak-anak di desa juga difokuskan, serta lembaga adat dikukuhkan. Selain itu, koperasi masyarakat diberikan pelatihan managemen dengan baik. “Kalau ekonomi masyarakat sudah baik, masyarakat akan hidup bisa lebih tentram,” ujarnya.(ib)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar