Rabu, 06 April 2011

Investor Thailand Survei Lokasi Pabrik Tapioka

Sun, Feb 20th 2011, 11:00

LHOKSUKON-Investor asal Thailand, TT Agro, Sabtu (19/2) melakukan survei lokasi rencana pembangunan pabrik tepung tapioka di Kecamatan Nisam, Dewantara, dan Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara.

“Potensi pembangunan pabrik tapioka di Aceh sangat menjanjikan. Saya berniat menanam investasi di daerah ini. Tahap awal, akan kita bangun di Aceh Utara dulu,” sebut manajemen TT Agro, Sumpunt Jareanwan kepada Serambi, kemarin.

Lebih jauh dia menyebutkan, TT Agro telah memiliki 41 pabrik tapioka di wilayah Lampung, Kalimantan, dan Sulawesi di Indonesia. “Untuk daerah Indonesia lainnya, kita berpatner dengan perusahaan lokal, yaitu PT Suhaibudi. Sedangkan untuk Aceh, nanti kita bermitra dengan PT Rush A Asia Company di Banda Aceh,” ungkap Sumpunt.

Dia menyebutkan, dirinya tidak akan berjanji terlalu banyak pada Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Utara. “Saya akan evaluasi seluruh hasil survei ini, kemudian dalam waktu dekat akan kita buat rencana kerja, untuk kemudian kita buat lahan penanaman ubi sebagai bahan baku tapioka,” sebut Sumpunt.

Dia menambahkan, untuk tahap awal, akan membangun pabrik dengan kapasitas 300 ton per hari, luas lahan penanaman ubi 1.500 hektare. Sementara itu, Direktur PT Rush A Asia Company, Dr Ramli Hasan menyebutkan perusahaannya sudah siap bermitra dengan TT Agro. “Kami sudah bertemu dengan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf soal rencana pembangunan pabrik ini. Gubernur menyambut baik rencana TT Agro. Gubernur bahkan meminta agar dibuat pabrik tapioka lebih banyak lagi di Aceh,” ujar Dr Ramli.

Ramli menyebutkan, setelah pabrik di Aceh Utara beridiri, pihaknya berencana mendirikan pabrik serupa di Aceh Jaya, dan Aceh Besar. “Semoga semua rencana berjalan dengan baik, dan harap dukungan dari masyarakat,” pungkas Dr Ramli.(c46)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar